Habis Dibeli, Google Matikan Hampir Semua Produk Meebo

Baru juga lima hari dibeli Google, layanan instant messaging populer -- Meebo -- malah dirundung penghentian produk besar-besaran. Hampir seluruh layanan Meebo akan dimatikan pada 11 Juli 2012 mendatang.

Kabar ini bukan sekadar isapan jempol, namun sudah dipastikan sendiri oleh Meebo dalam postingan di blog resminya.

Adapun layanan yang bakal ditutup adalah Meebo Messenger, Sharing on Meebo, Meebo Me, dan seluruh aplikasi mobile Meebo. Sementara yang disisakan tinggal Meebo Bar, social sharing toolbar yang kerap disisipi iklan bagi para penggunanya.

"Meebo bar tetap akan berjalan dan tersedia. Kami pun bakal melakukan pengembangan dan menghadirkan fitur baru dalam hitungan minggu atau bulan," tulis Meebo di blognya.

Tentu saja, nasib Meebo bisa terbilang 'mengejutkan'. Siapa sangka hanya dalam hitungan hari pasca aksi akuisisi oleh sang raksasa internet Google, layanan Meebo banyak dipangkas.

Padahal Google mencaplok Meebo dengan angka yang tidak sedikit, yakni mencapai USD 100 juta. Dan awalnya banyak yang memprediksi jika layanan instant messaging populer ini bakal diintegrasikan dengan jejaring sosial Google+.

Namun ternyata Google hanya terpikat dengan Meebo Bar. Ini adalah layanan yang menjadi andalan Meebo selain multi-platform chat.

Meebo Bar memungkinkan pemilik website membagi konten di situs jejaring sosial dan menyimpannya. Layanan ini juga memungkinkan pengguna memonetisasi trafik dengan menampilkan iklan di dalam toolbar. Seiring kian banyak yang menginstal Meebo Bar, Google bisa memanfaatkannya untuk mendorong penggunaan Google+.

Google diperkirakan akan mengintegrasikan layanan Meebo ke dalam penawaran social miliknya. Raksasa internet ini juga bisa menggunakan data dan analisa dengan memanfaatkan data dari user base Meebo dalam menentukan sasaran iklan.
Like This Post?
And Share
Bookmark and Share

Related Post



Posted by azam on 9:55 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 comments for Habis Dibeli, Google Matikan Hampir Semua Produk Meebo

Leave comment

Recent Entries

This Week's Most Popular Posts

Baca Juga

    Send Your Coment/Like Juel news On Facebook

    Recent Comments

    Pilihan Editor

    Juel News - Suported By Raudlatul Qur'an