ANEH92

ANEH92


MAU JADI BATMAN? SIAPKAN RP 6 TRILIUN

Posted: 01 Aug 2012 07:58 AM PDT


Ternyata untuk menjadi seorang hero seperti Batman membutuhkan biaya yang sangat besar. Pernahkah anda bayangkan berapa biaya yang dikeluarkan Si Manusia Kelelawar ini untuk membuat kostum, senjata, motor dan mobilnya.

Belum lagi untuk menggaji sang menejer Alfred plus membiayai operasional "gua" persembunyiannya.

Nah, situs Moneysupermarket.com mencoba menghitung berapa jumlah total uang untuk menjadi seorang Batman. Lihat gambar di bawah ini!


Ada yang berminat gak?

sumber : barubaca.com

INILAH ALASAN KENAPA MENARA PISA BISA CONDONG

Posted: 01 Aug 2012 06:58 AM PDT

Terdapat tujuh benda atau binaan yang disenaraikan sebagai ajaib di dunia iaitu Tembok Besar China yang mempunyai lebih 24,000 pintu gerbang dan panjang 5,000 kilometer; Piramid yang dibina dengan 2,500,000 blok batu besar yang tersusun rapi; Taj Mahal istana yang dibina oleh Maharaja India, Shah Jahan untuk isterinya Mumtaz; Candi Borobudur yang terletak di Jawa; Angkor Watt di Kemboja, Taman Tergantung Babylon yang dibina lebih 3,000 tahun yang lalu dan Menara Condong Pisa yang terletak di Itali.


Setiap binaan itu mempunyai keistimewaan dan keajaibannya yang tersendiri. Walaupun binaan itu telah berusia ratusan dan ada yang mencapai ribuan tahun tetapi masih berdiri kukuh sehingga ke hari ini. Malahan teknologi moden pada zaman kini masih tidak mampu untuk menghasilkan binaan yang sedemikian rupa. Persoalan, keupayaan masyarakat dahulu membina bangunan dan monumen tersebut masih lagi menjadi tanda tanya yang belum terjawab sepenuhnya.

Menara Pisa umpamanya telah condong semasa pembinaannya pada tahun 1154. Hanya tiga tingkat daripada lapan tingkat menara itu yang dapat disiapkan sebelum menjadi condong disebabkan oleh kelembapan tanah liat yang tidak dapat menyokong keseluruhan bangunan itu. Menara yang mempunyai ketinggian 56 meter ini didapati semakin senget dan keadaan ini telah mencetuskan kebimbangan kepada para arkitek bahawa bangunan ini tersembam ke tanah dalam sedikit masa lagi. Namun begitu, selepas hampir setahun berlalu, Menara Pisa masih berdiri dengan kukuh dan berbagai-bagai usaha telah dibuat untuk memastikan binaan ini terus berada pada posisi asalnya. Sebagaimana binaan lain, pembinaan Menara Pisa mengambil masa 200 tahun untuk disiapkan. Pembinaan menara ini tergendala beberapa kali kerana keadaan tanah yang mendap dan masalah kewangan.

Para jurutera yang membina menara ini berasa ragu-ragu untuk meneruskan kerja-kerja pembinaan kerana khuatir bangunan ini akan tumbang sebelum dapat disiapkan. Biarpun kebimbangan itu berasas tetapi tidak pernah menjadi kenyataan, lantas menjadikan menara ini terus diselubungi dengan misteri mengenai kedudukannya yang senget itu. Arkitek yang bertanggungjawab membina menara ini ialah Bonanno Pisano. Beliau hanya sempat menyiapkan tiga tingkat sahaja sebelum menghilangkan diri. Terdapat berbagai-bagai jawapan telah cuba diutarakan untuk menjelaskan kehilangannya.

Ada pengkaji menyatakan bahawa Pisano berhenti kerana dapat melihat bencana yang bakal melanda menara itu. Tidak kurang juga yang berpendapat bahawa menara itu sengaja dicondongkan oleh Pisano bagi menunjukkan kehebatannya sebagai seorang ahli arkitek yang tersohor pada zamannya.

Hampir 90 tahun bangunan itu dibiarkan sehingga seorang arkitek bernama Giovanni dari Simone menyambung pembinaannya. Seperti Pisano, arkitek itu hanya mampu menyiapkan tiga tingkat bermula daripada tingkat lima, enam dan tujuh. Menara itu hanya dapat disiapkan sepenuhnya 80 tahun kemudian dengan pembinaan tingkat lapan yang berkubah. Dalam kubah itu ditempatkan beberapa buah loceng yang setiap satunya seberat satu setengah tan. Loceng itu akan dibunyikan bagi merayakan sesuatu kemenangan dan tanda berlakunya kematian. Kini loceng itu tidak lagi dibunyikan bagi mengelakkan sebarang getaran yang boleh meretak dan meranapkan menara itu. Bagi menghindarkannya daripada menyembah bumi, para saintis telah mengikat menara ini dengan kabel logam. Kabel itu berperanan sebagai sokongan kepada Menara Pisa yang didapati condong satu inci pada setiap tahun.

Kenapakah Menara Pisa boleh condong sedangkan bangunan di kawasan sekitarnya berada dalam keadaan yang elok. Kajian yang dibuat pada tapak binaan itu mendapati tanahnya mengandungi pasir dan tanah liat yang tidak stabil serta mengandungi kuantiti air yang banyak. Tapak yang menjadi asas pembinaan menara itu pula merupakan bekas lagun lama yang mengalami kesan pasang surut air. Malahan kesan pasang surut itu masih lagi berlaku sehingga kini menyebabkan mendapan berlaku dan mengakibatkan menara itu terus condong ke sebelah kiri. Walaupun Menara Pisa dibina dengan asas lantai dan konkrit setebal 13 kaki tetapi masih tidak dapat menampung beban dan berat menara seberat 14,500 tan. Sebarang bentuk pergerakan yang berlaku di bawah tanah sudah tentunya akan menyebabkan menara ini rebah. Yang lebih menakjubkan ialah gempa bumi yang berlaku pada tahun 1846 tidak sedikit pun menjejaskan struktur Menara Pisa.

Sesungguhnya menara ini mempunyai daya ketahanan yang cukup hebat. Jika tidak, sudah lama menara ini rebah menyembah bumi. Bagi mengelakkan sebarang kemungkinan daripada berlaku maka kenderaan bermotor dilarang menghampiri menara itu. Pada masa yang sama, pelbagai ikhtiar sedang dijalankan untuk mempertahankan mercu tanda yang menjadi kebanggaan warisan tamadun barat. Selain menjadi daya tarikan jutaan pelancong, bangunan ini mempunyai nilai sejarah yang tinggi. Menara Pisa memiliki nilai seni dan estetika yang mengagumkan.

Sesiapa yang berpeluang mendaki 294 anak tangga menuju ke puncaknya akan melihat satu pemandangan yang menarik dari atas bangunan itu. Menara ini juga pernah digunakan oleh Galileo Galilei untuk melakukan demonstrasi sainsnya. Ujian yang dilakukan pada tahun 1589 mendapati bahawa setiap objek berlainan berat yang dijatuhkan mempunyai kelajuan yang serupa.

Tiada siapa pun yang berani meramalkan bilakah menara ini akan tumbang. Tetapi ramai yang percaya bahawa binaan ini akan rebah pada suatu hari nanti. Keyakinan ini berasaskan kepada keadaan yang semakin condong berbanding pada peringkat awal pembinaannya. Ukuran yang dibuat pada masa dahulu menunjukkan menara itu condong 0.04 inci setahun. Tetapi sekarang kecondongannya meningkat kepada 0.06 inci setahun. Meskipun tapak asas bangunan itu telah diperkuatkan dengan memasukkan 93 tan konkrit tetapi nampaknya masih tidak dapat menghalang pergerakan bangunan itu. Begitu juga dengan langkah menyalurkan keluar air hujan daripada bahagian bawah masih tidak berupaya mengelakkan daripada terus tenggelam. Pada tahun 1573, usaha untuk menguatkan tapak asas telah dilakukan dengan melekatkan kepingan marmar tetapi malangnya marmar itu telah tenggelam bersama-sama dasar bangunan.

Cabaran terbesar yang dihadapi oleh menara ini ialah kecondongannya bukan disebabkan oleh masalah hakisan, pergerakan tanah atau tindak-tanduk manusia. Pada Perang Dunia Kedua, sebahagian daripada tingkat atas bangunan itu rosak teruk kerana bedilan peluru meriam. Namun, bedilan meriam ini masih gagal meruntuhkan bangunan yang berusia satu kurun itu. Musuh terbesar kepada menara ini ialah daya tarikan graviti yang secara perlahan-lahan menyebabkan bangunan itu sengit sehingga 14 inci daripada kedudukan tegaknya. Apakah dengan segala peralatan moden dan kemajuan sains, manusia dapat menyelamatkan salah satu daripada benda ajaib di dunia? Tiada seorang pun yang berani memberikan jawapannya. Mungkin masa dan takdir yang menentukan sama ada menara ini dapat ditatap oleh generasi yang akan datang atau pun hanya sekadar tinggal dalam lipatan sejarah sahaja.

sumber foto : http://upload.wikimedia.org

INILAH 7 TIPE WANITA DARI BENTUK GIGINYA

Posted: 01 Aug 2012 05:30 AM PDT


Tertawalah karena tertawa itu sehat. Senyumlah, karena senyum itu membuat Anda jauh lebih menarik, selain itu ternyata tertawa dan senyum memiliki pesan tertentu bagi lawan jenis. Konon, kualitas seks kaum hawa ini dapat terbaca dari bentuk gigi yang nampak saat Anda tertawa maupun senyum.

Dalam sebuah buku jawa kuno bertajuk Bethaljemur Addamakna mengungkap kualitas seks yang dimiliki wanita dilihat dari bentuk giginya. Jadi jika Anda seorang wanita yang suka tertawa, Anda perlu hati-hati karena orang di hadapan Anda bisa jadi sedang membaca rahasia Anda. 

Buku tersebut juga menguak kaitan senyum bentuk gigi seorang wanita dengan rahasia kualitas seksual yang dimilikinya. So bagaimana dengan gigi Anda? termasuk tipe wanita yang bagaimanakah Anda?

1. Gigi tampak jarang dan kecil
Wanita yang memiliki gigi kecil dan jarang-jarang ini biasanya memiliki perangai yang sangat buruk. Wanita ini paling suka menilai orang lain tapi ia tidak mau dirinya dinilai oleh orang lain. Buruknya lagi, wanita ini tidak pernah mau kalah di hadapan suaminya. Kualitas seks yang dimiliki wanita ini juga cenderung biasa-biasa saja, bahkan cenderung pasrah jika diajak berhubungan oleh pasangannya.

2. Gigi tampak sedang dan rata
Wanita bergigi seperti biasanya memiliki sifat yang baik hati dan suka menolong. Bahkan kebiasaannya selalu berusaha untuk membahagiakan pasangannya. Yang mengasyikkan lagi, wanita bergigi seperti ini, pandai bermain di atas ranjang. Bahkan kemampuannya patut diperhitungkan karena mampu main berjam-jam di ranjang. Tinggal bagaimana sang laki-laki mengimbangi permainan wanita bergigi rata ini.

3. Gigi tampak besar dan jarang-jarang
Tipe wanita seperti ini biasanya suka memfitnah dan selalu iri hati terhadap keberhasilan orang lain. Bahkan, kalau keinginannya tidak dituruti, ia sering kali marah-marah dan melakukan apa saja agar kemauannya itu terpenuhi. Pria yang yang mendapat istri bertipe seperti ini hendaknya berhati-hati, setidaknya harus sabar menyikapi segala kelakuannya. Apalagi menghadapi sifat manja yang dibuat-buat akan membuat kita semakin kesal. Sehingga kalau ada pria yang mendapat wanita bertipe gigi seperti ini, hendaknya mampu membimbing dan harus extra sabar menghadapi segala perbuatannya. Dalam permainan di ranjang tipe wanita seperti ini tak pernah mau mengalah pada pasangannya dan terbilang sangat agresif.

4. Gigi tampak maju ke depan
Tipe wanita ini macam-macam, kalau giginya kecil ia biasanya masih bisa ditoleransi, artinya tidak terlalu memeras suami. Namun, jika bentuk giginya besar-besar, laki-laki yang mendapat cinta dari wanita ini harus siap menerima segala caci maki yang kadang-kadang tidak mendasar. Wanita dengan bentuk gigi seperti ini biasanya mudah mengeluh dan tidak pernah menerima apa yang telah didapatkan. Tapi dalam urusan ranjang, wanita bertipe gigi seperti ini termasuk golongan wanita yang agresif.

5. Gigi gingsul
Jika wanita ini memiliki gingsulnya tepat pada pinggir gigi, tentu menambah kecantikan si wanita tersebut. Namun jika sebaliknya, gingsul bertempat di depan, maka akan mengganggu wajah si pemilik gigi tersebut. Tapi pada dasarnya wanita yang memiliki gigi gingsul ini enak diajak bicara. Pengetahuannya luas walaupun sikapnya agak kekanak-kanakan. Dalam urusan seks, wanita ini sangat pintar membahagiakan pasangannya. Wanita bertipe gigi seperti ini sangat mengetahui apa yang diinginkan oleh pasangannya.

6. Gigi tampak masuk ke dalam
Biasanya wanita yang memiliki gigi seperti ini, sangat pendiam. Mungkin lebih pas dikatakan pemalu. Sikapnya yang malu dan kurang terbuka, membuat banyak kaum pria keranjingan untuk membuka sifat dasarnya. Kalau ia berparas cantik, banyak pria yang akan berlomba mendapatkan gadis bergigi masuk ke dalam ini. Sayangnya dalam hal seks wanita bertipe gigi seperti ini agak pasif. Sehingga si pria harus pintar merangsang agar wanita ini menjadi aktif.

7. Gigi kecil dan rancak
Umumnya wanita bergigi kecil memiliki wajah imut-imut. Orang mengatakan baby face, artinya tampak muda terus walaupun usianya menginjak 40 lebih. Sifat wanita ini menyenangkan, dia bisa memberikan perhatian penuh terhadap pasangannya. Suka menolong dan baik bertutur kata. Jadi berbahagialah bagi pria yang mendapatkan wanita bergigi kecil dan rancak ini. Sebab hari-harinya selalu dipenuhi oleh keindahan. Apalagi jika diatas ranjang, wanita ini selalu dapat mengimbangi keinginan pasangannya. 

sumber http://kolom-inspirasi.blogspot.com/...i-giginya.html

TIPS UNTUK IBU HAMIL YANG INGIN LAKUKAN PERJALANAN JAUH

Posted: 01 Aug 2012 03:57 AM PDT


Jakarta - Selama hamil, bukan berarti wanita jadi terbatas dalam melakukan berbagai kegiatan termasuk melakukan perjalanan jauh. Asalkan kehamilan yang Anda jalani tidak berisiko dan diizinkan dokter untuk menjalani perjalanan tersebut, sah-sah saja aktivitas itu dilakukan.

Namun sebelum melakukan perjalanan jauh, baik itu dengan pesawat atau mobil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pakar perkembangan dan stimulasi pralahir pada bayi, F. Rene Van de Carr dan rekannya psikolog March Lehrer, Ph.D, memberikan beberapa tips untuk ibu hamil yang berniat melakukan perjalanan dalam bukunya 'While You're Expecting..Your Own Prenatal Classroom'.

Pertama, jangan melakukan perjalanan panjang atau sulit pada tiga bulan pertama kehamilan. Hal itu karena risiko keguguran lebih tinggi terjadi pada wanita yang melakukan perjalanan di trimester pertama. Ibu perlu ingat, bayi dapat terluka oleh laju atau pengereman tiba-tiba (seperti dalam kecelakaan mobil) tanpa pukulan atau tekanan pada rahim. Kekuatan internal massa janin dan plasenta dalam gerakan saat itu sudah cukup menyebabkan cidera.

Kedua, selalu gunakan sabuk pengaman. Mengenakan sabuk pengaman ketika bepergian dengan mobil sangat mengurangi risiko cidera berat dalam kecelakaan bagi ibu dan bayi. Tidak benar kalau memakai sabuk pengaman dapat menyakiti bayi.

Ketiga, jika ibu hamil berniat pergi ke negara-negara atau tempat-tempat dengan bakteri atau virus berbeda dengan yang biasa dihadapi, Anda dan janin bisa menjadi sakit. Sebaiknya konsultasikan ke dokter hal terbaik apa yang harus dilakukan.

Keempat, banyaklah minum air putih ketika ibu naik pesawat terbang. Lingkungan buatan di dalam pesawat cenderung sangat kering dan ibu bisa dengan mudah mengalami dehidrasi. Selalu sediakan air minum selama penerbangan.

Kelima, hindari penerbangan di enam minggu terakhir kehamilan. Kegembiraan saat bersiap-siap dan berpergian dapat memicu kelahiran pada beberapa wanita. Tak hanya itu, jika plasenta tidak berfungsi pada tingkat saat oksigen dan nutrisi cukup karena masalah kesehatan, bayi dapat kekurangan oksigen ketika tekanan kabin pesawat berkurang.

sumber : wolipop.com

APLIKASI SERU UNTUK PARA PENJELAJAH

Posted: 01 Aug 2012 03:30 AM PDT

Jangan ragu membawa gadgetmu karena beragam aplikasi seru siap memanjakan dan memudahkan perjalanan para penjelajah.


Menjelajah beragam tempat baru di Nusantara dan belahan dunia lain menjadi tren gaya hidup saat ini. Melepas penat, berburu pengalaman unik, dan mencari kepuasan menikmati keindahan alam dan budaya beragam destinasi di dunia siap dirasakan para traveler dan backpacker.

Kemajuan teknologi membuat gadget menjadi salah satu barang yang tak ketinggalan dan kerap dibawa para penjelajah. Tak perlu ragu untuk membawa gadget anda, beragam aplikasi seru siap menemani dan memudahkan perjalanan anda. Triposo, misalnya. Aplikasi panduan itu mencakup ribuan informasi destinasi di seluruh dunia, mulai Benua Eropa, Amerika, hingga Asia termasuk Indonesia.

Aplikasi yang bisa digunakan untuk Android dan IOS itu menyediakan peta lokasi terperinci, sejarah, budaya dan aneka informasi unik lainnya. Selain itu, berdasarkan lokasi, waktu dan cuaca terbaru, Triposo secara otomatis akan menyarankan destinasi yang menginspirasi, menarik, dan penting untuk dikunjungi. Aplikasi triposo tidak perlu koneksi internet terus menerus karena semua data bahkan peta yang terperinci disimpan pada perangkat anda. Dengan fitur travel log, anda bisa memperbaharui foto - foto perjalanan dan berbagi ke kerabat dan keluarga.

Tak ketinggalan, aplikasi TripColor, yakni aplikasi travel blog berbasis jejaring sosial gratis untuk IOS. Disitu anda yang sedang berwisata dapat berbagi foto dan peta tujuan perjalanan, atau mengirimkan kartu pos dengan gambar anda.

Punya pengalaman kesulitan mendapatkan penginapan saat perjalanan? Aplikasi Hostelworld akan mempermudah dan mengirit pengeluaran anda saat bepergian. Aplikasi ini menjadi alternatif mencari penginapan terjangkau asalkan anda tidak keberatan tidur di asrama. Aplikasi gratis itu memberikan akses ke lebih dari 25 ribu hostel di seluruh dunia, dari Amerika, Eropa, hingga 27 negara di Asia.

Aplikasi itu bisa anda gunakan saat bepergian berkeliling Indonesia karena anda dapat melihat hostel di Jakarta, Yogyakarta, atau Bali. Anda juga bisa membaca ulasan penginapan, petunjuk peta, foto hostel, informasi harga, dan membuat pemesanan dengan aplikasi tersebut.

Bagi para backpacker, Couchsurfing sudah tidak asing. Selain sebagai wadah berbagai pengalaman, komunitas penjelajah dunia itu menawarkan kesempatan bagi para backpacker untuk memperoleh tempat tinggal sementara di seluruh dunia, secara gratis. Bila biasanya hanya bisa diakses melalui situsnya, kini Couchsurfing hadir dalam aplikasi untuk Android dan IOS tanpa mengurangi informasi yang diproleh melalui situsnya.

Tapi jangan salah, Couchsurfing bukan diperuntukkan bagi para penjelajah pelit (cheapskates). Itu merupakan jejaring sosial untuk bertemu orang di kota - kota asing dan negara besar, terutama jika anda melakukan backpacking sendiri. Anda bisa mencari teman di Couchsurfing dengan melihat di profil mereka, berbagi foto pengalaman anda dan menerima Couchrequest dari anggota lain di berbagai negara.

Bagi anda yang mencari beragam tur wisata menarik, bisa menggunakan aplikasi Viator. Aplikasi IOS itu memungkinkan anda melihat dan memesan lebih dari 10 ribu tur wisata di lebih dari 800 destinasi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Anda bisa memesan tur sebelum perjalanan, mencari penawaran wisata bahkan pada menit terakhir dan peta objek wisata. Menariknya, aplikasi itu menjamin harga termurah.

Bagi yang sering bepergian ke luar negeri mungkin kesulitan melacak pengeluaran, apalagi dengan mata uang yang berbeda. Dengan aplikasi Simplay Declaire untuk IOS, hal itu bukan masalah lagi. Wisatawan tinggal menetapkan mata uang lokal dan memeriksa biaya barang yang dibeli dengan mata uang asal mereka.

Bila bermasalah dengan komunikasi, aplikasi Sayhi Translate bisa menjadi pilihan. Aplikasi Android itu memungkinkan anda mengatakan sesuatu dalam bahasa anda, lalu menerjemahkan dan berbicara dalam salah satu dari 33 bahasa.

Jangan lupa aplikasi GPS untuk panduan perjalanan anda. Google Maps masih menjadi salah satu aplikasi favorit bagi para traveler mengingat sumber data google yang beragam dan tidak perlu diragukan lagi kemampuannya.

MISTERI KERIS PUSAKA NAGASASRA SABUK INTEN

Posted: 01 Aug 2012 02:55 AM PDT


Keris Pusaka Nagasasra dan Sabuk Inten adalah dua benda pusaka peninggalan Raja Majapahit. Nagasasra adalah nama salah satu dapur (bentuk) keris luk tiga belas dan ada pula yang luk-nya berjumlah sembilan dan sebelas, sehingga penyebutan nama dapur ini harus disertai dengan menyatakan jumlah luk-nya.

Bentuk

Bagian gandik keris ini diukir dengan bentuk kepala naga ( biasanya dengan bentuk mahkota raja yang beragam ), sedangkan badannya digambarkan dengan sisik yang halus mengikuti luk pada tengah bilah sampai ke ujung keris. Dengan ciri-ciri antara lain adalah kruwingan, ri pandan dan greneng, dan beberapa empu (berdasarkan zamannya seperti Majapahit , Mataram dan Mataram Nom) membuat keris ber-dapur nagasasra.

Pada keris dapur Nagasasra yang baik, sebagian besar bilahnya diberi kinatah emas, dan pembuatan kinatah emas semacam ini tidak disusulkan setelah wilah ini selesai, tetapi telah dirancang oleh sang empu sejak awal pembuatannya. Pada tahap penyelesaian akhir, sang empu sudah membuat bentuk kinatah ( yang benar adalah tinatah = kata 'tatah' yang artinya dalam bahasa Indonesia = pahat,dengan sisipan in, menjadi tinatah )sesuai rancangannya . Bagian-bagian yang kelak akan dipasang emas diberi alur khusus untuk "tempat pemasangan kedudukan emas" dan setelah penyelesaian wilah selesai, maka dilanjutkan dengan penempelan emas oleh pande emas.

Salah satu pembuat keris dengan dapur Nagasasra terbaik, adalah karya empu Ki Nom, merupakan seorang empu yang terkenal, dan hidup pada akhir zaman kerajaan Majapahit sampai pada zaman pemerintahan Sri Sultan Agung Anyokrokusumo di Mataram, tetapi ada sebagian ahli lain yang mengatakan bahwa Ki Supo Anom pada zaman kerajaan Mataram, sebenarnya adalah cucu dari empu Supo Anom yang hidup pada zaman Majapahit, dan golongan ini menyebut Ki Nom dengan sebutan Ki Supo Anom II, dan yang hidup di zaman Majapahit disebut Ki Supo Anom I.

Sabuk Inten

Dapur Sabuk Inten, seperti juga dapur Nagasasra mempunyai luk tiga belas dengan ciri-ciri yang berbeda yaitu mempunyai sogokan, kembang kacang, lambe gajah dan greneng.

Komik

Nama keris Nagasasra (tanpa menyebutkan dapur) menjadi terkenal karena menjadi topik dalam cerita silat karya S.H. Mintarja, diceritakan bahwa Mahesa Jenar, salah satu muridnya Syeh Siti Jennar, mantan perwira tinggi kerajaan Demak pada masa kerajaan Demak Bintoro mencari kedua benda pusaka tersebut yang konon bagi siapa yang mendapatkannya akan menjadi pewaris sah tahta kerajaan Demak.

TIPS CARA MERAWAT TRACKBALL PADA BLACKBERRY

Posted: 01 Aug 2012 02:30 AM PDT


1. Kurangi Pemakaian Tombol BlackBerry

Pemakaian tombol Blackberry yang terlalu sering tanpa di sadari akan menyebabkan trackball BlackBerry cepat rusak, jadi demi memperlama umur trackball BlackBerry Anda, mulai sekarang harus meminimalisir penggunaan trackball. Untuk menyiasatinya Anda dapat menggunakan tombol keyboard untuk mengakses shortcut ke pemilihan atau pengaturan.

2. Jangan Gunakan Kuku Untuk Menekan Trackball

Usahakan jangan sering menggunakan kuku untuk menekan trackball Anda karena akan menyebabkan trackball Anda rusak dan berpengaruh negatif terhadap sensitifitas trackball. Jangan juga menekan trackball terlalu keras karena akan menyebabkan trackball masuk kedalam.

3. Hindarkan Ponsel BalckBerry Anda Di Tempat Kotor

Jika bagian trackball ponsel Anda kotor segera bersihkan, dan jangan lupa pastikan tangan Anda juga bersih, tidak basah atau berminyak. Khususnya bagian jempol saat menyentuh trackball.

4. Gunakan Tombol Enter

Sebagai pengganti tracball anda bisa menggunakan tombol enter. Fungsinya sama, Anda tinggal megarahkan kursor dengan trackball kearah yang di tuju dan tekan dengan enter, tujuannya adalah untuk menguangi frekuensi menekan trackball.

5. Gunakan Tombol Alternatif Dalam Saat Menggunakan Aplikasi Messenger

Dalam BlackBerry Messenger, Yahoo Messenger atau yang lain, gunakan tombol T untuk menuju pada chat pertama kali dan tombol B untuk menuju chat terakhir dan gunakan tombol spasi untuk 1 kolom Chat.

6. Gunakan Keyboard Shorcut untuk membaca email atau Browsing

Anda bisa menggunakan Spasi untuk scrolldown, alt-space untuk scrolup, N untuk next, P untuk previous. untuk lebih lengkapnya silahkan Anda bisa membaca thread BB shourcut.

7. Memanfaatkan huruf Depan Pada BlackBerry

Dalam memilih menu, Anda bisa menekan huruf depan menu tersebut, misalnya C untuk Compose messege, lalu C lagi untuk Compose MMS, dan seterusnya. Jika Anda hafal, Anda tidak perlu lagi menggunakan tracball untuk memilih menu pada BlackBery Anda.

Sedikit tips merawat trackball ponsel BlackBerry di atas semoga bermanfaat dan membuat trackball BlackBerry Anda dapat di pakai lebih lama.

sumber : http://www.menjelma.com/2012/07/tips-cara-merawat-trackball-ponsel.html

INILAH 5 KERIS LEGENDA YANG ADA DI INDONESIA

Posted: 01 Aug 2012 01:55 AM PDT

Pada masa lalu keris berfungsi sebagai senjata dalam duel/peperangan, sekaligus sebagai benda pelengkap sesajian. Pada penggunaan masa kini, keris lebih merupakan benda aksesori dalam berbusana, memiliki sejumlah simbol budaya, atau menjadi benda koleksi yang dinilai dari segi estetikanya. Tapi tahukah, ada beberapa keris yang begitu legendaris di tanah air ini? Bagi para kolektor keris mungkin memiliki keris-keris berikut sebagai puncak dari impian mereka. Berikut 5 diantaranya : 

1. Keris Mpu Gandring 


Keris Mpu Gandring adalah senjata pusaka yang terkenal dalam riwayat berdirinya Kerajaan Singhasari di daerah Malang, Jawa Timur sekarang. Keris ini terkenal karena kutukannya yang memakan korban dari kalangan elit Singasari termasuk pendiri dan pemakainya, ken Arok.
Keris ini dibuat oleh seorang pandai besi yang dikenal sangat sakti yang bernama Mpu Gandring, atas pesanan Ken Arok. Setelah selesai menjadi keris dengan bentuk dan wujud yang sempurna bahkan memiliki kemampuan supranatural yang konon dikatakan melebihi keris pusaka masa itu. 

Kemudian Ken Arok menguji Keris tersebut dengan menusukannya pada Mpu Gandring yang konon menurutnya tidak menepati janji. Dalam keadaan sekarat, Mpu Gandring mengeluarkan kutukan bahwa Keris tersebut akan meminta korban nyawa tujuh turunan dari Ken Arok. Dalam perjalanannya, keris ini terlibat dalam perselisihan dan pembunuhan elit kerajaan Singhasari yakni: Tunggul Ametung, Ken Arok, Anusapati dan keturunan Ken Arok. 

2. Keris Kyai Setan Kober


Keris Kyai Setan Kober adalah nama keris milik Adipati Jipang, Arya Penangsang. Keris ini dikenakan pada waktu ia perang tanding melawan Sutawijaya. Suatu saat tombak Kyai Pleret yang dipakai Sutawijaya mengenai lambung Arya Penangsang, hingga ususnya terburai. Arya Penangsang dengan sigap, menyangkutkan buraian ususnya itu pada wrangka atau sarung-hulu keris yang terselip di pinggangnya, dan terus bertempur. Saat berikutnya, Sutawijaya terdesak hebat dan kesempatan itu digunakan oleh Arya Penangsang untuk segera penuntaskan perang tanding tersebut, dengan mencabut keris dari dalam wrangka atau ngliga keris (menghunus), dan tanpa sadar bahwa wilah(an) atau mata keris Kyai Setan Kober langsung memotong ususnya yang disangkutkan di bagian wrangkanya. Ia tewas seketika.

Sutawijaya terkesan menyaksikan betapa gagahnya Arya Penangsang dengan usus terburai yang menyangkut pada hulu kerisnya. Ia lalu memerintahkan agar anak laki-lakinya, kalau kelak menikah meniru Arya Penangsang, dan menggantikan buraian usus dengan rangkaian atau ronce bunga melati, dengan begitu maka pengantin pria akan tampak lebih gagah, dan tradisi tersebut tetap digunakan hingga saat ini. 

3. Keris Pusaka Nagasasra dan Sabuk Inten 


Keris Pusaka Nagasasra dan Sabuk Inten adalah dua benda pusaka peninggalan Raja Majapahit. Nagasasra adalah nama salah satu dapur keris luk tiga belas dan ada pula yang luk-nya berjumlah sembilan dan sebelas, sehingga penyebutan nama dapur ini harus disertai dengan menyatakan jumlah luk-nya.Bagian gandik keris ini diukir dengan bentuk kepala naga, sedangkan badannya digambarkan dengan sisik yang halus mengikuti luk pada tengah bilah sampai ke ujung keris.

Salah satu pembuat keris dengan dapur Nagasasra terbaik, adalah karya empu Ki Nom, merupakan seorang empu yang terkenal, dan hidup pada akhir zaman kerajaan Majapahit sampai pada zaman pemerintahan Sri Sultan Agung Anyokrokusumo di Mataram. Dapur Sabuk Inten, seperti juga dapur Nagasasra mempunyai luk tiga belas dengan ciri-ciri yang berbeda yaitu mempunyai sogokan, kembang kacang, lambe gajah dan greneng. 

4. Condong Campur


Condong Campur adalah salah satu keris pusaka milik Kerajaan Majapahit yang banyak disebut dalam legenda dan folklor. Keris ini dikenal dengan nama Kanjeng Kyai Condong Campur. Konon keris pusaka ini dibuat beramai-ramai oleh seratus orang mpu. Bahan kerisnya diambil dari berbagai tempat. Dan akhirnya keris ini menjadi keris pusaka yang sangat ampuh tetapi memiliki watak yang jahat. 

5. Keris Taming Sari 


Di ceritakan pemilik asal keris ini adalah merupakan pendekar atau hulu balang kerajaan Majapahit yang bernama Taming Sari. Keris ini kemudianya bertukar tangan kepada hulubalang Melaka yang telah berjaya membunuh Taming Sari bernama Hang Tuah. Perpindahan kepemilikan ini terjadi dalam suatu duel keris yang sangat luar biasa antara Taming Sari dan Hang Tuah, yang akhirnya dimenangkan oleh Hang Tuah.
Like This Post?
And Share
Bookmark and Share

Related Post



Posted by azam on 1:22 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 comments for ANEH92

Leave comment

Recent Entries

This Week's Most Popular Posts

Baca Juga

    Send Your Coment/Like Juel news On Facebook

    Recent Comments

    Pilihan Editor

    Juel News - Suported By Raudlatul Qur'an