Para TKI Curhat Soal Tindakan Tak Manusiawi di Malaysia


Kepri Banyak perilaku tidak manusiawi yang diterima TKI di Malaysia. Sebelum dideportasi, mereka mengaku sempat dipenjara. Selama dipenjara TKI diberi makanan basi dan kena hukum cambuk.

Inilah curhat dari 190 TKI saat ditemui Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat di penampungan di Tanjungpinang, Kepri, Kamis, (2/8/2012).

Mereka dideportasi dari Malaysia karena bekerja secara ilegal atau telah melampaui batas izin tinggal dan sebagian dari mereka merupakan perempuan.

"Saya ditangkap kena razia setelah tiga tahun bekerja di perkebunan sawit. Saya ke Malaysia pakai paspor umum dari Pelabuhan Tanjungbalai. Sebelum dipulangkan lebih dulu masuk penjara dan kena hukum cambuk," curhat Sugiantoro asal Kediri, Jatim, saat diminta Jumhur menceritakan pengalamannya.

Lain lagi cerita Indra asal Kabupaten Meranti, Riau. Ia mengaku kena ditipu agen tenaga kerja Malaysia yang menjanjikan bisa mendapat ikut program pemutihan di Malaysia.

"Saya sudah bayar 200 Ringgit per minggu sampai saya membayar 3.000 Ringgit ternyata agen membawa polisi untuk menangkap saya," katanya.

Herlina yang sudah dua tahun bekerja di pabrik roti di Klang, Kuala Lumpur, terkena razia dan ditangkap pihak imigrasi Malaysia selama dua bulan. Dia juga kena tipu dengan memberikan uang seribu ringgit.

"Saya masuk penjara dan hanya diberi makan sayur dan ikan yang basi," keluh Herlina.

Mendapat curhatan dengan berbagai cerita miris itu, Jumhur menawarkan kepada mereka untuk mengurus seluruh dokumen ketenagakerjaaan secara resmi.

"Kalau diproses secara resmi, apa masih ingin berangkat lagi ke Malaysia?" tanya Jumhur dan serentak dijawab dengan seruan "Mauuuu...".

"Apa ada yang tidak mau?" tanya Jumhur dan tidak ada satupun yang bersuara atau mengacung.

Jumhur mengingatkan kepada mereka dan siapapun yang ingin bekerja ke luar negeri harus mengikuti ketentuan sesuai prosedur.

"Jangan menjadi TKI ilegal," katanya.(detikcom)
Like This Post?
And Share
Bookmark and Share

Related Post



Posted by azam on 2:15 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 comments for Para TKI Curhat Soal Tindakan Tak Manusiawi di Malaysia

Leave comment

Recent Entries

This Week's Most Popular Posts

Baca Juga

    Send Your Coment/Like Juel news On Facebook

    Recent Comments

    Pilihan Editor

    Juel News - Suported By Raudlatul Qur'an