ANEH92

ANEH92


MENIKMATI UPACARA MINUM TEH ALA BANGSAWAN JEPANG

Posted: 09 Jul 2012 09:00 AM PDT

Seorang wanita berkimono, duduk bersimpuh di depan pintu. Melihat tamu berdatangan, dia langsung membungkukkan badannya seolah memberi hormat. Tamu-tamu kemudian dipersilakan masuk ke dalam sebuah ruangan beralaskan tatami.


Di dalam ruangan, para tamu diminta duduk melingkar mengelilingi sejumlah peralatan minum teh. Setelah tamu duduk rapi bersimpuh, seorang wanita lain berparas cantik keluar dari balik fusuma (pintu geser). Upacara minum teh ala bangsawan Jepang pun siap dimulai.

Upacara minum teh ini dikenal di Jepang pada abad ke-15 dan 16, setelah seorang biksu yang baru pulang dari China, membawa konsep baru bagaimana mengonsumsi ocha. Biksu tersebut membuat ocha menjadi bubuk, untuk kemudian ditaruh di sebuah mangkuk, ditambahkan air panas, lalu diaduk dengan teknik tertentu untuk menghasilkan rasa ocha yang pas.

Ocha dalam bentuk bubuk ini disebut matcha. Awalnya sang biksu menyiapkan matcha hanya untuk ritual keagamaan. Namun dalam perkembangannya, raja, bangsawan dan samurai menganggap teh sebagai simbol status dan kemewahan. Sejak masa itulah upacara minum teh yang menyajikan matcha berkembang.

Upacara minum teh kini menjadi salah satu aktivitas wisata yang bisa dinikmati di sejumlah kota di Jepang, salah satunya Kyoto. Upacara ini bukan hanya sekadar menikmati matcha hangat, tapi ada beberapa filosofi mengenai masyarakat Jepang yang bisa Anda pelajari.

Upacara minum teh dimulai setelah seluruh tamu duduk bersimpuh mengelilingi seorang otemaesan (penyaji ocha). Seorang sensei (guru penyaji teh) kemudian akan menerangkan apa saja tata cara upacara minum teh ini. Untuk menjadi sensei tidak bisa sembarang orang. Dia harus memiliki ilmu yang sebelumnya sudah dipelajari secara khusus. Ilmu upacara minum teh itu sendiri ada berbagai aliran. Salah satu yang cukup populer adalah Urasenke dan diperkenalkan oleh master teh Sen no Rikyu.

Dalam upacara minum teh ala Urasenke, tamu yang sudah dalam posisi duduk bersimpuh di atas tatami terlebih dahulu diminta melepaskan jam tangannya. Aturan ini mengandung filosofi bahwa Anda menghargai kebersamaan saat melakukan upacara minum teh tersebut.

Setelah semua tamu siap, dari balik pintu geser akan keluar seorang Ohakobi, penyaji teh dan kue. Ohakobi sama seperti sensei dan otemaesan, mengenakan pakaian tradisional Jepang, Yukata. Ada aturan yang harus dilakukan ketika Ohakobi datang membawa kue. Dia biasanya akan membungkukkan badannya kepada tamu, seolah memberi hormat. Untuk menghargainya, tamu pun harus membungkukkan badan, sambil mengucapkan terimakasih.

Setelah kue disajikan, tamu harus segera memakannya. Otemaesan tidak akan mulai beraksi menyajikan matcha, jika kue belum habis. Sesuai filosofi, kue tersebut memang dibuat sebagai pelengkap upacara. Kue juga biasanya memiliki hiasan dan warna tersendiri sesuai musim saat itu. Pada musim semi, kue bisa dibuat berbentuk bunga sakura yang banyak bermekaran di musim tersebut.

Usai semua tamu selesai makan kue, otemaesan menyiapkan matcha dengan terlebih dahulu membersihkan semua peralatan kerjanya dengan sehelai sapu tangan bernama fukusha. "Peralatannya sebenarnya sudah bersih. Proses dengan fukusha ini dilakukan lagi maksudnya untuk mensucikan," ujar Motoko Higashi, seorang sensei yang menguasai aliran Urasenke. Motoko ditemui dalam upacara minum teh yang digelar di CHA Research Center, Kizufawa, Kyoto, Rabu (4/7/2012).

Berbagai peralatan penyajian teh yang dibersihkannya dengan fukusha di antaranya, cawan tempat teh disajikan, chashaku (sendok kecil untuk mengambil matcha), dan chasen (alat pengaduk matcha). Setelah semua peralatan dibersihkan, penyaji matcha akan mengambil air panas dari kuali. Untuk menghasilkan matcha yang pas, penyaji harus mengaduk dengan cepat matcha tersebut dengan chasen. 

Hanya butuh beberapa detik untuk mengaduk matcha tersebut hingga keluar buih yang artinya siap disajikan. Cawan berisi matcha kemudian diberikan ke tamu oleh ohakobi. Sama seperti ketika dibawakan kue, tamu dan ohakobi juga harus saling membungkukkan badan sebagai tanda saling menghargai serta berterimakasih.

Yang juga perlu diperhatikan ketika akan meminum matcha tersebut. Biasanya cawan memiliki sejumlah hiasan cantik di sekelilingnya. Saat disajikan, cawan akan diberikan dengan hiasan tercantiknya mengarah ke tamu. Hal itu dilakukan karena artinya Anda dihargai. Oleh karena itulah sebagai bentuk penghormatan, tamu harus memutar cawan tersebut dua kali untuk menghindari minum dari arah cawan dengan hiasan cantik.

Langkah-langkah dalam upacara minum teh ini memang terkesan rumit. Hal itu karena ada banyak filosofi yang terkandung dalam aturan tersebut. Inti dari seluruh filosofi ini seperti yang ditulis sang master teh Sen no Rikyu adalah bagaimana Anda dan sesama manusia saling menghargai, menjaga keharmonisan, kesucian dan kedamaian.

Foto Keindahan Jembatan paling terkenal di dunia

Posted: 09 Jul 2012 01:00 AM PDT

Halo sobat unik semuanya ada kabar unik lagi nih untuk hari ini yaitu Foto Keindahan Jembatan paling terkenal di dunia, mari kita simak artikel unik ini dan temukan pengetahuan baru yang unik, aneh, lucu, mengerikan dan bahkan ada yang menyedihkan, silahkan disimak cekidot.

Jembatan tak hanya berfungsi sebagai penghubung dua lokasi atau lebih, namun juga berfungsi sebagai infrastruktur bagi transportasi guna memperlancar aktifitas masyarakat dan guliran roda perekonomian. Namun demikian, pembangunan sebuah jembatan adakalanya juga diembel-embeli demi semacam entitas atau gengsi, atau demi mendapatkan kepuasan dari segi arsitektur, sehingga jembatan dibangun seindah dan semegah mungkin. Karena tujuan ini, maka berdiri lah jembatan-jembatan yang menurut penilaian orang sangat indah, sehingga terkenal hingga seluruh dunia.

Seperti dikutip dari laman touropia.com, ini lah jembatan-jembatan paling terkenal di dunia.

 
1. Ponte Vecchio
Secara harfiah, Ponte Vecchio merupakan jembatan tua yang dibuat di Abad Pertengahan di atas Sungai Arno, Florence. Jembatan ini terkenal lantaran memiliki toko-toko yang bisa disewa oleh pedagang perhiasan dan souvenir.


2. Golden Gate Bridge 
Ini adalah jembatan gantung yang sangat panjang, di mana wilayah San Francisco dan Marin County utara terhubung oleh Golden Gate. Untuk membuatnya, dibutuhkan waktu selama 7 tahun dan selesai pada 1937.

Selain dikenal sebagai salah satu jembatan terpanjang di dunia, Golden Gate Bridge juga memiliki tampilan yang menarik dengan lapisannya yang berwarna merah bata. Tujuan pemilihan warna ini tentu untuk mengetahui lokasi itu saat tertutup kabut tebal.


3. Millau Bridge 
Seolah ada banyak kabel putih di Millau Bridge. Tiang-tiang tinggi (343 meter) pun dipasang sebagai penopang yang sangat kuat. Banyak wisatawan yang terkagum-kagum dengan pesona yang ditawarkan di sebuah jembatan di atas Sungai Tarn ini.



4. Tower Bridge
Jika dilihat dari struktur yang ada, Tower Bridge menyerupai pintu gerbang kerajaan yang megah. Tapi ini hanyalah jembatan gantung yang dibangun di atas Sungai Thames, London. Tower Bridge dibangun pada 1886 dan baru selesai 8 tahun berikutnya.



5. Charles Bridge
Charles Bridge terkenal dengan gaya Gothic-nya yang berdiri di atas Sungai Vltava, Praha, Republik Ceko. Jembatan ini dibangun atas perintah Raja Charles IV pada 1357 dan baru selesai pada awal abad ke-15.

Charles Bridge menjadi jalur perdagangan yang paling penting untuk wilayah Eropa Timur dan Eropa Barat, sekaligus penghubung antara Kota Tua dan daerah sekitar Kastil Praha. Saat ini Charles Bridge cukup ramai pengunjung, pelukis atau pun pedagang.

Cobaik yuk, 5 Makanan Terpedas Di Dunia

Posted: 09 Jul 2012 12:30 AM PDT

Halo sobat unik semuanya ada kabar unik lagi nih untuk hari ini yaitu Cobaik yuk, 5 Makanan Terpedas Di Dunia, mari kita simak artikel unik ini dan temukan pengetahuan baru yang unik, aneh, lucu, mengerikan dan bahkan ada yang menyedihkan, silahkan disimak cekidot.

Beberapa orang memang suka dengan makanan pedas, namun ada juga yang tidak suka dengan makanan pedas karena rasa pedas nya yang menantang. Bagi anda penggemar makanan pedas, tidak ada salahnya mencoba lima makanan terpedas di dunia.

Dan berikut lima makanan terpedas di dunia :

1. Sambel Uleg Dari Indonesia.
Kita perlu bangga, karena makanan khas Indonesia ini mendapatkan juara masakan terpedas di dunia. Gimana nggak pedas? Sambal ini kan bahannya dari cabai rawit dan cabai merah yang banyak. Bahkan, cabe rawit kita terkenal lebih pedas 10 kali lipat dari Thai bird's eyes chilis. Orang bule yang pernah mencicipi sambal kita mengatakan hidangan ini adalah hidangan terpedas yang pernah ada di dunia. Wow! kita perlu bangga atas prestasi ini.

 
2. Wot Dari Ethiopia
Siapa bilang negara di Afrika tidak memiliki masakan pedas? Ethiopia buktinya, makanan khas negara ini masuk dalam peringkat ketiga hidangan terpedas di dunia. Menurut orang Ethiopia, hidangan ini akan sangat nikmat bila dimasak dengan mencampurkan 1 kilo bawang merah dan bawang putih, jahe dan juga barbere (cabe kering) yang jumlahnya mengerikan. Mau mencobanya?

 
3. Jerk Chicken Dari Karibia
Makanan yang satu ini juga termasuk salah satu yang terpedas. Mengapa? Bumbunya yang terbuat dari cengkeh, kayu manis, daun bawang, pala, thyme, bawang putih dan cabe scotch bonnet memberikan rasa panas di bibir dan perut penikmatnya.

4. Suicide Chicken Dari Amerika
Amerika tidak hanya menominasikan Shrimp Creole dalam kategori ini, tapi juga Suicide chicken. Namanya saja unik, barangkali orang yang mengkonsumsi juga serasa bunuh diri karena rasa pedas menyengat dari perpaduan saus tabasco, potongan cabe kering dan cabe segar cincang pada bumbunya sebelum digoreng kering. Pedasnya saja sudah pasti terasa dari aromanya, apalagi rasanya?

 
5. Kimchi Dari Korea
Makanan yang satu ini memang sudah terkenal rasa pedasnya. Kimchi adalah acar kubis yang dibuat dengan cara merendam potongan kubis dalam jahe, cabe, bawang putih dan bawang merah selama 1 bulan. Pedasnya tidak hanya di bagian luar, tapi juga hingga gigitan yang terakhir. Bisa dibilang, pedasnya menyengat dan membakar lidah.

Dan itulah 5 makanan terpedas di dunia gimana berani mencobanya?

Beginilah Wujud Ponsel Pertama Di Dunia, gede Juga yah?

Posted: 09 Jul 2012 12:00 AM PDT


Halo sobat unik semuanya ada kabar unik lagi nih untuk hari ini yaitu Beginilah Wujud Ponsel Pertama Di Dunia, gede Juga yah?, mari kita simak artikel unik ini dan temukan pengetahuan baru yang unik, aneh, lucu, mengerikan dan bahkan ada yang menyedihkan, silahkan disimak cekidot.

Inilah ponsel yg ukurannya sebesar tutup tempat sampah tetapi ponsel ini cuma memiliki jangkauan setengah mil.

Dilihat dari segi design dan ukuran, ponsel pertama di dunia ini amad jauuuuhhhh berbeda sama ponsel masa kini, yg cukup kecil untuk menyelinap di saku dan dapat menghubungi hampir kemana saja di dunia ini. Tapi dari sini lah telepon nirkabel bermula. 

Sang pencipta sendiri, Nathan Stubblefield akhirnya diakui sebagai bapak teknologi telepon seluler tepat 100 tahun setelah ia mempatenkan desain tersebut untuk sebuah "telepon nirkabel" 

Nathan Stubbefield sebenarnya hanyalah petani melon biasa yg sangat menyukai IPTEK bahkan dia telah menemukan radio sebelum Nikola Tesla atau Guglielmo Marcon tetapi radio yg dia temukan menggunakan frekuensi audio induksi, dikarenakan radio induksi menyebabkan gangguan pada wilayah sekitarnya sehingga kalah populer dengan radio transmisi yg di temukan oleh Nikola Tesla atau Guglielmo Marcon. 

Pada tahun 1902 petani melon ini datang dengan penemuannya, setelah mengorbankan setiam jam menit dan detik demi untuk membuat jaringan telekomunikasi di kampung halamannya Murray, Kentucky. 


Note: Nathan Stubbefield menunjukan penemuannya (dapat dilihat tiang di tengah gambar) 

Dia membangung 120 kaki tiang di kebun, yg dapat mentransfer percakapan dari satu telepon ke telepon yg lain dengan menggunakan medan magnet. 

Dia mendemonstrasikan temuannya di alun-alun kota pada hari Tahun Baru 1902. 

Pada tahun 1908 dia mematenkan telepon nirkabel versi baru untuk berkomunikasi dengan kendaraan bergerak. 

Sayangnya telepon nirkabel tidak sukses dalam masa hidupnya,dia meninggal dengan keadaan miskin pada tahun 1928. 

Tapi sekarang dia telah diakui sebagai "Father of The Modern Mobile Phone" ,bahkan Virgin Mobile membuat page khusus untuk menandai ulang tahun temuan Nathan Stubbefield di website resmi nya.

CARA ATASI MOMEN CANGGUNG KETIKA SEDANG BERCINTA

Posted: 08 Jul 2012 11:30 PM PDT



Kehidupan seks tidak selamanya berlangsung romantis seperti yang sering digambarkan di film-film Hollywood. Kadang kejadian yang tidak terduga justru terjadi ditengah permainan Anda dan suami. Untuk mengatasi kejadian yang memalukan dan 'awkward moment' ketika berhubungan seks, berikut beberapa saran dari Woman's Day yang bisa Anda.

1. Waktu yang Terlalu Sebentar
Tidak peduli seberapa baik suami Anda di tempat tidur, ada saatnya ketika Anda berharap dia bisa 'bertahan' sedikit lebih lama. Gild Carle, PhD, pakar seks dan penulis buku 'How to Win When Your Mate Cheats' mengatakan, "Ketika hal ini terjadi, percayalah, dia akan lebih malu dari Anda." 

Dibanding harus kesal dan tidak puas, lebih baik Anda mengatasinya dengan mengakui momen tersebut dan melanjutkan permainan. Atau ingatkan dia, "Wanita juga terkadang tidak klimaks, meskipun saat itu momennya sedang 'panas-panasnya'. Ini bukan waktunya untuk malu atau menyalahkan," tambah Dr. Carle.

2. Salah Seorang dari Anda Buang Gas
Ups! Pasti hal tersebut sangat memalukan dan membuat canggung. Menurut para ahli, rata-rata orang akan buang gas sekitar 15-25 kali setiap hari, dan beberapa posisi seksual kadang-kadang dapat meningkatkan gas. Daripada hal itu menghilangkan mood bercinta, "Anda bisa meminta maaf padanya untuk segala bau yang ditimbulkan dan kemudian mengganti topik pembicaraan," ujar Dr. Carle.

3. Dia Menyarankan Sesuatu yang Membuat Tidak Nyaman
Hanya karena Anda saling mencintai, bukan berarti Anda selalu memiliki ide yang sama dengannya. Ketika dia menyarankan posisi yang tidak membuat Anda nyaman di tempat tidur, daripada harus 'mematikan' gairahnya, lebih baik bernegosiasi dengan imajinasinya. 
Stephanie Buehler, PsyD, seorang psikolog dan terapis seks di California menyarankan, "Jika fantasi seksnya membuat Anda tidak nyaman, katakan ditelinganya dengan lembut, 'kau memiliki imajinasi yang hebat, tapi bisakah kita melakukan hal lainnya yang akan membuatku lebih bergairah?' Dengan begitu, tidak hanya Anda membangkitkan kepercayaan dirinya di tempat tidur, tapi juga tetap membuatnya bergairah."

4. Cedera Ringan
"Aduh!" ketika kata tersebut dilontarkan karena permainan di tempat tidur yang terlalu 'panas', seperti gigitan yang tidak disengaja, mencakar dan lainnya, akan membuat kegiatan seks Anda terhenti dan momen berubah jadi canggung. 

Aturan pertama untuk mengatasinya, bangun dan perbaiki hal itu (walau itu harus mengambil aspirin atau plester luka). Setelah itu, tertawakan kejadian itu bersama-sama. Dr. Carle mengatakan, "Interupsi saat seks akan membuatmu lebih mengenal pasangan. Lihat cara pasangan menghadapi kejadian yang tidak diduga saat kesenangan berlangsung."

5. Salah Satu dari Anda Sedang Tidak Mood
Ketika seorang ingin melakukan seks, sedang yang lainnya tidak. Ini sering terjadi dalam kehidupan rumah tangga, dan seringkali membuat suasana tidak nyaman. Menurut Dr. Buehler, tidak melakukan seks ketika pasangan memintanya, bukan berarti menunjukkan bahwa Anda tidak mencintainya. Tidak masalah untuk tidak melakukan seks ketika Anda sedang tidak dalam mood bercinta, tetapi jangan lupa membuat kesepakatan lain seperti menggantinya dengan hari lain.

6. Meneriakkan Nama yang Salah
Salah menyebutkan nama ketika sedang berhubungan, tentunya akan membuat pasangan berpikir Anda tidak benar-benar mencintainya. Dr. Carle menyatakan, "Otak manusia adalah sistem yang kompleks, dan ketika berhubungan seks Anda akan lebih spontan berbicara sebelum berpikir. Tidak masalah apakah Anda menyebutkan nama orang yang Anda sukai waktu sma atau kuliah dulu." Ketika kesalahan tersebut terjadi, coba ingatkan dia seberapa besar Anda mencintainya.

7. Anak Anda Masuk Ke Kamar
Ini mungkin masalah yang biasa dihadapi para orangtua yang sudah memiliki anak. Ketika Anda berpikir bahwa si kecil sudah tidur nyenyak, anak justru masuk kekamar Anda untuk meminta segelas air atau ingin tidur bersama ayah ibunya. 

"Terkadang anak kecil akan mengalami kebingungan mengenai seks, mereka akan berpikir orangtua mereka sedang berkelahi atau saling menyakiti," ungkap Dr. Buehler. 

Dia menyarankan untuk berbicara dengan anak Anda, katakan dengan bahasa sederhana seperti, terkadang ayah dan ibu membutuhkan waktu berdua untuk saling menyayangi, dan itu wajar bagi orang yang menikah. Untuk kedepannya, kuncilah pintu sebelum bercinta untuk mencegah hal itu terjadi lagi, saran Dr. Buehler.

8. Fungsi Tubuh yang Salah
Seks tidak selalu berjalan rapih dan mulus. Kadang hal memalukan yang tidak bisa Anda kontrol dari tubuh Anda dapat mengganggu saat-saat romantis. Misalnya saja, kebanyakan wanita pernah mengalami moment ketika udara terperangkap di daerah vagina dan mengeluarkan bunyi seperti buang gas.

"Itu adalah hal yang wajar," menurut Debra Laino, terapis seks di Wilmington. Ketika hal itu terjadi, yang Anda bisa lakukan adalah menertawakannya, dan anggap itu bukan masalah yang besar. Daripada harus malu dengan fungsi tubuh yang tidak bisa dikontrol, Anda dan pasangan bisa belajar bahwa dalam sebuah hubungan diperlukan rasa saling menerima.
Like This Post?
And Share
Bookmark and Share

Related Post



Posted by azam on 1:25 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 comments for ANEH92

Leave comment

Recent Entries

This Week's Most Popular Posts

Baca Juga

    Send Your Coment/Like Juel news On Facebook

    Recent Comments

    Pilihan Editor

    Juel News - Suported By Raudlatul Qur'an