Cara Membuat Ketupat Lebaran

Bagaimana Cara Membuat ketupat lebaran?, Tips Cara Membuat Ketupat Lebaran, Resep membuat Ketupat Lebaran, untuk anda para ibu rumah tangga sekarang ini masih kebingungan, karena kali ini ocimnet akan membuatkan tutorial sederhana mudah-mudahan mudah dimengerti. Tidak semua orang dapat membuat ketupat lebaran karena cara membuatnya tidak lah mudah bagi pemula, banyak hal yang harus dilakukan bagi para pemula untuk membuat ketupat. Baiklah langsung saja kita akan belajar bagaimana cara membuat ketupat dari awal sampai akhir menjadi menu makanan kita saat lebaran nanti.

Tetapi apabila kita banyak berlatih tentu kita bisa membuat ketupat lebaran, adapun caranya sebagai berikut sebagai berikut :

Satu – satunya bahan yang digunakan di sini adalah janur, yang memang merupakan bahan dasar ketupat.
Langkah pertama, gulung janur sampai tiga kali gulungan pada tangan anda dengan posisi pangkal janur menghadap ke atas.
Ambil janur satu lagi, gulungkan juga pada tangan anda sebanyak tiga kali. Namun kali ini posisi pangkal janur menghadap ke bawah.
Buatlah kedua gulungan janur tapi saling bersilangan. Namun janur harus tetap dalam posisi tergulung.
Ambil salah satu ujung janur dan putar ke belakang susunan janur tadi.
Masukkan ujung janur yang sudah diputar ke belakang tadi, ke janur yang berada pada posisi tengah. Cara memasukkan janur tersebut seperti mengayam.
Teruskan ayaman tadi sampai bawah. Lakukan hal yang sama pada ujung janur yang satunya lagi.
Pangkal janur yang sudah terletak di samping, langsung bisa diayam ke atas. Lakukan hal ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat.

Dengan demikian, anda yang belum mengetahui Cara Membuat Ketupat Lebaran anda dapat membuat sendiri.






Resep Ketupat Lebaran | Membuat Ketupat Enak Dan Legit

Resep ketupat lebaran agar ketupatnya enak, legit, padat, tahan lama. Berikut tips dan trik bikin ketupat dan lontong, cara masak ketupat yg pasti berhasil. Ini adalah rangkuman sharing teman2 di milis. Moga bermanfaat.


Ketupat lebaran enak dan legit

Tips-nya adalah sbb:
- Beras yang digunakan adalah beras yang menghasilkan nasi pulen. Rendam beras beberapa saat (kira2 30 menit), lalu isi ke dalam sarung ketupat sampai 3/4 penuh.
- Untuk menghemat waktu, masukkan calon ketupat ke dalam panci yang sudah berisi air mendidih. Kalau calon ketupat direndam sejak airnya dingin, waktu yang diperlukan untuk merebus bisa mencapai 3 jam, tapi dengan cara ini cukup 1,5 atau 2 jam saja (tergantung banyaknya ketupat).
Catatan: ketupat harus terendam di dalam air. Sekali2 tambahkan air mendidih bila air di panci sudah berkurang.
- Begitu diangkat dari rebusan, segera guyur ketupat dengan air bersih yang dingin (langsung di bawah keran air) untuk menghilangkan sisa2 air rebusan, lalu gantung dan ‘angin2kan’ sampai dingin. Sisa2 air rebusan ini yang biasanya bikin ketupat cepat basi.

Tips lainnya : Pertama saya mencuci berasnya dengan air kapur sirih, kemudian dibilas sampai bersih, ditaburi sedikit garam lalu diaduk rata. Kemudian diisikan setengah penuh ke cangkang ketupat/ lontong seperti pada umumnya. Tujuan di cuci dengan air kapur sirih ini menurut Ibunda, agar ketupat/ lontongnya gempi/kenyal.
Untuk membuat lontong, tipsnya pada waktu membuat cangkang lontong, sisi daun yang berwarna hijau diletakkan di sebelah dalam, ini agar warna lontong waktu di iris cantik hijau muda. Untuk merebusnya, pada dasar panci besar untuk merebus tadi, saya meletakkan berlembar-lembar daun pandan, agar ketupat/lontong berbau
wangi pandan dan tidak gosong untuk ketupat yang berada paling bawah. Lama merebus, 6 jam dengan api kecil, dalam kondisi air selalu berada pada titik didih, serta ketupat/lontong selalu terendam air mendidih.
Kemudian angkat dan tiriskan/gantung. Ketupat/lontong akan berbau wangi, diiris hijau cantik, gempi/kenyal, dan rasanya gurih. Demikian semoga berguna.

Tips dari teman lain : Isi ketupat kurang lebih setengah dari sarangnya(kelontongan ketupat), cara memasak rebus dengan air mendidih sampai semua tenggelam, dan jika air mulai habis ditambah lagi dengan air panas.
Kemudian ketupat diangkat untuk narik talinya supaya kenceng agar ketupatnya tidak merekah selanjudnya rebus kembali dengan air mendidih yang baru. Jadi direbus dua kali.
Memasak menggunakan arang atau tidak tidak ada pengaruhnya.

Ketupat:
* Siapakan kulit ketupat dengan ukuran yang sama agar matangnya bersamaan. Cuci bersih kulit ketupat dan tiriskan.
* Cuci bersih beras pulen (seperti rojolele, pandan wangi, mentik spesial) lalu rendam dalam air dingin selama 1 jam. Jika suka bisa ditambahkan sedikit air kapur sirih. Tiriskan.
* Isi kulit ketupat dengan beras hingga 2/3 bagian kulitnye terisi beras.
* Susun ketupat di dalam panci tinggi dan besar. Tuangi air panas lalu masak selama 2-3 jam hingga ketupat padat. Jika air berkurang tambahkan air panas secukupnya.
* Angkat ketupat dan tiriskan lalu gantung di tempat yang berangin hingga ketupat dingin

Lontong:* Untuk membuat lontong pertama siapkan daun pisang batu yang tidak terlalu tua. Lap hingga bersih dan kering. Potong-potong berukuran sekitar 30x20cm.
*Cuci bersih beras pulen (seperti rojolele, pandan wangi, mentik spesial) lalu rendam dalam air dingin selama 1 jam. Jika suka bisa ditambahkan sedikit air kapur sirih. Tiriskan.
*Siapkan lidi untuk menyemat, bisa dibuat dari lidi daun kelapa.
* Gulung 2 lembar daun pisang dengan bagian hijau menghadap ke dalam sehingga menyerupai silinder. (Ini supaya lontong berwarna hijau). Semat salah satu ujungnya dengan lidi.
* Isi contong/gulungan daun pisang dengan beras hingga sekitar ½ tinggi gulungan lalu semat ujung yang satu dengan lidi.
* Susun lontong di dalam panci tinggi dengan posisi berdiri.
* Tuangi air hingga lontong terendam, Bisa ditambahkan potongan daun pandan dalam air rebusannya.
* Masak dengan api sedang selama 2 jam, jika air berkurang tambahkan air panas. Masak terus sampai lontong padat dan kenyal.
* Angkat lontong, tiriskan dalam posisi berdiri dan angin-anginkan hingga dingin

Jika ingin cara lebih praktis bisa mengikuti langkah berikut ini:

* Masak beras yang sudah direndam dengan air secukupnya hingga menjadi aronan (nasi setengah masak). Banyaknya air sekitar 2 cm dari permukaan beras.
* Bungkus tiap 3-4 sdm aronan beras dengan daun pisang hingga berbentuk silinder lalu semat kedua sisinya dengan lidi.
* Selanjutnya masak lontong seperti biasa di dalam panci tinggi hingga matang sekitar 1 jam.
* Jika ada bisa dipakai panci bertekanan atau pressure cooker. Masukkan lontong dalam panci ini dan beri air hingga terendam.
* Masak lontong selama 30 menit, dihitung sejak panci berdesis.
Like This Post?
And Share
Bookmark and Share

Related Post



Posted by Azizul Anam on 2:33 AM. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 comments for Cara Membuat Ketupat Lebaran

Leave comment

Recent Entries

This Week's Most Popular Posts

Send Your Coment/Like Juel news On Facebook

Recent Comments

Pilihan Editor

Juel News - Suported By Raudlatul Qur'an